Muhaimin Iskandar Ungkapkan Argumennya Menyarankan Kedudukan Gubernur Dihapus

Muhaimin Iskandar Ungkapkan Argumennya Menyarankan Kedudukan Gubernur Dihapus

 

Ketua Umum Partai Kebangunan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebutkan kedudukan gubernur dapat diputuskan tanpa lewat proses penyeleksian umum atau pemilu.

Menurut Wakil Ketua DPR RI itu, seorang gubernur mempunyai peranan pemantauan seperti menteri dan tidak bersinggungan langsung dengan warga.

5 Panduan Mengirit Battery Handphone

Jokowi Bersedih Berbelanja Iklan Diambil Media Digital Asing, TikTok Raup Rp 158 Triliun dari Iklan

“Yang bersinggungan langsung dengan rakyat ialah wali kota dan bupati, karenanya jika gubernur masih tetap ada lebih bagus diputuskan di tingkat pemerintahan pusat dan DPRD. Apa diawali saran DPR diberikan ke presiden atau dari presiden tiga nama diberikan ke DPRD untuk pilih,” tutur Muhaimin dalam penjelasannya, Selasa, 2 Februari 2023.

Muhaimin menyebutkan kedudukan gubernur cuma berperan sebagai ekstensi tangan pemerintahan pusat. Menurut Muhaimin, peranan itu tidak begitu efisien dan dapat dilaksanakan oleh kementrian.

Jokowi Bersedih Berbelanja Iklan Diambil Basis Asing, TikTok Raup Rp 158 Triliun dari Iklan

Menurut Muhaimin, penghilangan kedudukan gubernur ini mulai dapat dilaksanakan lewat penghapusan penyeleksian gubernur. “Wewenangnya (gubernur) dan programnya tidak sesuai dengan lelahnya penerapan pemilihan kepala daerah langsung, baik itu zone persaingan pemilihan kepala daerah langsung atau praktek pemerintah yang tidak bersinggungan langsung dengan rakyat,” kata Muhaimin.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyikapi masalah Muhaimin Iskandar mengenai penghilangan kedudukan gubernur. Menurut Jokowi, penghilangan kedudukan Gubernur membutuhkan pengkajian dalam.

“Perlu semua pengkajian, perlu penghitungan, perlu kalkuasi, apa dapat jadi lebih efektif atau kelak bentang kontrolnya terlampau jauh?” tutur Jokowi.

Presiden menerangkan, bila kedudukan gubernur dihapus, karena itu rantai instruksi atau span of kontrol dari Pemerintahan Pusat ke bupati atau wali kota akan terlampau jauh. Walau demikian, Jokowi menyongsong baik saran Muhaimin itu.

“Jadi span of control-nya yang perlu dihitung, semuanya wajib dihitung,” kata Jokowi.

Informasi Seterusnya

Masalah Laporan 9 Hakim MK Ke Polda Metro Jaya, Anwar Usman: Turuti Saja Proses Hukumnya

6 menit yang lalu

Artikel Berkaitan

Jokowi Bersedih Berbelanja Iklan Diambil Media Digital Asing, TikTok Raup Rp 158 Triliun dari Iklan

Jokowi Bersedih Berbelanja Iklan Diambil Basis Asing, TikTok Raup Rp 158 Triliun dari Iklan

Gus Muhaimin Meminta Jurnalis Indonesia Terus Datangkan Info Paling dipercaya

Presiden Jokowi: Saat ini Terminal Tidak Banyak Preman

Jokowi Bersedih 60 % Berbelanja Iklan Media Diambil Basis Asing

Jokowi Meminta Perpres Baru Masalah Media Usai 1 Bulan: Saya Turut Ulasan

Jokowi bersedih berbelanja iklan sekitar 60 % diambil media digital asing. Sebagai perbedaan, iklan TikTok mengantongi Rp 158 triliun secara global pada 2022.

Jokowi bersedih berbelanja iklan sekitar 60 % diambil media digital asing. Sebagai perbedaan, iklan TikTok mengantongi Rp 158 triliun secara global pada 2022.

Perusahaan jurnalis disuruh memberi kesejahteraan yang pantas ke beberapa wartawannya

Presiden Jokowi menjelaskan terminal bis saat ini bersih dan aman dan sedikit preman.

Jokowi menyebutkan ada dua Perancangan Ketentuan Presiden atau Perpres yang dipersiapkan untuk menolong media hadapi platform-platform asing.

Jokowi minta Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Dewan Jurnalis selekasnya berjumpa supaya ke-2  Perpres dapat usai pada sebuah bulan ini.

Menurut Jokowi, dengan terkuasainya berbelanja iklan media online oleh basis asing, karena itu sumber daya keuangan media konservatif jadi menyusut.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan berjumpa dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto di Senayan esok. Apa agendanya?

Jokowi tidak mau content receh dan sensional yang dikontrol algoritme ini memimpin kehidupan warga Indonesia.

Nama Immanuel Ebenezer yang ramai dibahas akhir-akhir ini rupanya sebelumnya pernah jadi komisaris PT Mega Eltra punya BUMN. Perusahaan apa itu?

 

Duta Besar Rusia Bingung Washington Tidak Ingin Pakai Lajur Diplomatik untuk Diskusi Previous post Duta Besar Rusia Bingung Washington Tidak Ingin Pakai Lajur Diplomatik untuk Diskusi
5 Panduan Mengirit Battery Handphone Next post 5 Panduan Mengirit Battery Handphone