Hari Ayah Nasional Psikiater Peringatkan Peranan Penting Ayah

Hari Ayah Nasional Psikiater Peringatkan Peranan Penting Ayah

Hari Ayah Nasional diperingati pada 12 November. Psikiater anak, remaja dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum, memberi pesan jalinan kuat yang terikat di antara ke-2  orangtua dan anak harus dibuat sejak awal kali karena akan memengaruhi perubahan psikologi anak di masa depan.

“Hubungan sama anak itu sebetulnya benar-benar bernilai. Kita akan berasa demikian saat anak-anak mulai bergerak dewasa dan jalinan itu tidak dipaksakan. Tujuannya, tidak dapat saat kecil tidak dekat, demikian besar kita maksa anak-anak untuk dekat, tidak dapat karenanya dibuat,” kata Rosdiana.

“Maka menurut saya, apa kerugiannya jika ayah tidak dekat dengan anak? Tidak hanya dipunyai oleh sang anak tetapi sebetulnya bapaknya rugi sekali,” lanjut psikiater alumnus Kampus Indonesia itu.

Di lain sisi, psikiater Kampus Indonesia, A. Kasandra Putranto, menjelaskan hal sama. Menurut dia, figure ayah penting karena ialah figur perlindungan dan pemberi contoh untuk anak.

Olivia Nathania Sampaikan Penundaan Penahanan Polisi Korbannya Banyak

“Dalam keluarga, ayah berperanan sebagai pemberi nafkah, pimpinan, perlindungan, dan pengajar ketrampilan anak, sebagai seorang pemberi contoh,” tutur Kasandra.

Selanjutnya, Kasandra menerangkan akan muncul ketidaksamaan imbas psikis di antara anak yang dekat sama ayahnya dan yang tidak. Ia menerangkan anak yang tidak dekat sama figur ayah akan alami kritis identitas.

“Imbas jelek yang kemungkinan terjadi karena tidak ada kedatangan ayah di kehidupan ialah berlangsungnya kritis identitas dan perubahan seksual anak. Lantas, masalah psikis pada anak di periode dewasa. Misalkan, anak akan berasa kesepian, kecemburuan, rendahnya harga diri, rasa malu, dan rendahnya kendalikan diri,” terang Kasandra. “Imbas lain anak yang tidak dekat sama figur ayah ialah alami ketakmampuan pecahkan permasalahan yang membuat kerap melawan dan ada hati geram yang susah di kontrol.”

Polisi pastikan lima orang yang diketemukan terkapar di kontrak, daerah Ciketing Udik, Bantargebang, Kota Bekasi itu mempunyai jalinan keluarga.

Mom guilt atau rasa bersalah sebagai ibu bukan jadi bentuk kasih-sayang yang bagus bila malah membuat kesehatan psikis ibu terusik.

Kasus penculikan anak di Jakarta dan Makassar dipandang mempunyai background yang serupa, terhitung permasalahan ekonomi.

Jumlah korban wafat kasus ditemukan 5 orang terkapar pada sebuah rumah di Bantargebang, Kota Bekasi, semakin bertambah.

Keluarga korban mutilasi di Bekasi, Angela Hindriati Wahyuningsih, minta Polda Metro Jaya untuk menyelesaikan kasus ini.

Tidak cuma menyenangkan, permainan latto-latto memberi beberapa imbas positif.

Sekeluarga di Bekasi diketemukan tergelatak di rumah. Dua salah satunya sudah wafat.

Tiko bercerita figur ayahnya yang samar-samar ada di kepalanya.

Rambut jagung sebagai istilah yang memvisualisasikan keadaan rambut anak yang kelihatan tipis dan warna kemerahan dan gampang ditarik

 

Olivia Nathania Sampaikan Penundaan Penahanan Polisi Korbannya Banyak Previous post Olivia Nathania Sampaikan Penundaan Penahanan Polisi Korbannya Banyak
Mengenali Figur Firaun yang Tempo hari Disebutkan Cak Nun Next post Mengenali Figur Firaun yang Tempo hari Disebutkan Cak Nun